Thursday, 24 April 2014

Cara Latihan Vokal Yang Baik Dan Benar

Cara latihan vokal yang baik dan benar sangat diperlukan bagi anda yang ingin terjun ke dalam dunia bernyanyi. Latihan vokal tersebut tentu memiliki tujuan agar suara menjadi lebih merdu, lebih indah, dan lebih enak di dengar, namun tentunya untuk dapat mencapai itu semua bukanlah suatu usaha yang mudah. Selain kerajinan dan ketekunan dalam menjalani latihan, niat serta kemauan yang keras pun sangat dibutuhkan agar latihan tidak berhenti di tengah-tengah jalan. Banyak sekali hal yang harus di pelajari serta diperhatikan dalam cara melatih vokal, selain itu terdapat beberapa tahapan yang wajib di latih, di asah, serta di bina secara teratur dengan tingkat kedisiplinan yang tinggi.

Cara Latihan Vokal

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam cara latihan vokal seperti:

  1. melatih pernafasan
  2. latihan untuk membentuk suara
  3. resonansi (gema suara)
  4. melatih konsonan dan vokal
  5. intonasi (menyanyikan berbagai nada dengan benar dan tepat)
  6. artikulasi (pengucapan lafal yang jelas dan juga benar)
  7. frasering (bernyanyi dengan kalimat yang baik dan utuh)
  8. interprestasi juga ekspresi (pemahaman disertai penjiwaan dalam bernyanyi)

Pada intinya semua hal yang telah disebutkan tadi akan tertuju pada satu latihan utama yaitu latihan pernafasan, kaena hal tersebut adalah faktor utama yang paling penting pada saat bernyanyi. Jenis pernafasan itu sendiri terbagi menjadi tiga bagian yaitu pernafasan bahu, pernafasan dada, dan pernafasan diafragma.

Berikut ini adalah beberapa latihan praktis untuk melatih pernafasan dalam cara latihan vokal yang baik dan benar

Menghirup dan Menegeluarkan Udara – Usahakan tubuh berdiri dalam posisi yang tegak dan salah satu lengan berada di sisi pinggang, sedangkan posisi lengan yang lainnya menekan pada bagian pusar. Setelah itu hiruplah udara melalui hidung secara perlahan, kemudian tahanlah udara yang telah dihirup tadi dengan rileks dan santai hingga posisi tubuh mengembang. Lalu sertai juga gerakan kepala ke arah kiri dan kanan dengan perlahan-lahan. Setelah langkah-langkah tersebut barulah keluarkan udara yang telah di hirup tadi melalui mulut dengan cara perlahan yang disertai dengan melafalkan sebuah konsonan seperti misalkan “shh”, dll.

Menggunakan Support Yang Baik Dalam Berlatih Vokal – Kebanyakan orang tidak memahami serta mengetahui fungsi dari support itu sendiri, dan yang seringkali terjadi adalah keluar masuknya aliran udara masih dikendalikan oleh otot peristaltik. Hal tersebut tentu mengakibatkan intonasi yang seringkali tidak tepat, artikulasi yang tidak jelas, serta membuat suara menjadi serak. Untuk memperbaiki hal tersebut, berikut ini adalah latihan yang praktis agar dapat merasakan peranan support tersebut ketika bernyanyi. Usahakan tubuh berdiri dalam posisi yang tegak, kemudian rentangkan kedua tangan hingga sejajar dengan bahu.

Keluarkan udara yang berada di dalam tubuh dengan melafalkan konsonan seperti “fff”. Setelah itu hiruplah udara dengan perlahan disertai dengan konsonan yang sama seperti tadi, juga rentangkan kedua lengan kedepan kemudian putar lengan hingga 180 derajat hingga posisi ibu jari dua-duanya berada di bagian bawah. Di saat itu juga anda akan merasakan pergerakan otot yang cukup kuat pada bagian tulang belakang. Dan setelah itu hemnbuskan udara yang telah di hirup tadi dengan menggunakan konsonan yang sama seperti tadi secara perlahan, disertai dengan memutar kembai kedua lengan seperti cara latihan vokal di atas tadi hingga kembali pada posisi semula.

Demikian di atas tadi adalah beberapa cara latihan vokal yang baik dan juga benar dengan melatih pernafasan, semoga sedikit tips dan cara latihan vokal di atas dapat membantu dan bermanfaat bagi anda semuanya yang memiliki keinginan untuk berlatih vokal.

Related Posts to "Cara Latihan Vokal Yang Baik Dan Benar"

Response on "Cara Latihan Vokal Yang Baik Dan Benar"