Wednesday, 23 April 2014

Cara Membuat Kompos Organik Sederhana

Cara membuat kompos yang berasal dari tanaman dan kotoran hewan merupakan salah satu metode pelapukan atau proses dekomposisi yang nantinya menjadi pupuk organik. Biasanya hal semacam ini dapat dimanfaatkan sebagai pupuk buatan. Seperti yang kita ketahui bahwa kompos merupakan hasil olahan dari berbagai bahan campuran organik yang dapat mempercepat (menyuburkan) berbagai macam jenis mikroba.

Bahkan hal ini juga dapat meningkatkan kesuburan tanah serta dapat merubah adanya kerusakan bagian luar pada tanah yang disebabkan oleh adanya pemakaian pupuk anorganik secara berlebihan. Sedangkan cara membuat kompos itu sendiri banyak dilakukan dengan berbagai macam cara yang nantinya dapat menghasilkan sebuah kompos, seperti halnya cara pembuatan yang menggunakan erob (udara) atau anerob (tanpa udara) dst. Namun yang pasti hal ini tergantung dari tingkat kebutuhan, yaitu jenis apa yang akan dilakukan oleh si pembuat kompos itu sendiri untuk membuat dan menghasilkan kompos.

Cara Membuat Kompos Organik dari Kotoran Sapi

cara membuat kompos

Kompos organik merupakan salah satu unsur kimia yang berasal dari kotoran sapi yang telah bercampur dengan urine hingga mengalami proses dekomposer. Berikut adalah beberapa penjelasan singkat tentang bagaimana cara membuat kompos organik dari kotoran sapi.

  1. Siapkan bahan dan peralatan
    • Kotoran yang berasal dari hewan seperti sapi yang telah bercampur dengan urine
    • Karung plastik
    • Limbah gergajian kayu (sekam/gergajen)
    • Timbangan
    • Saringan
    • Kapur bubuk
    • Dalam membuat pupuk kompos yang berbahan dasar dari limbah kotoran sapi merupakan suatu kejadian/proses pengubahan limbah organik menjadi pupuk organik dengan kotoran sapi yang berkisar antara 80 hingga 83%, serbuk gergaji (bisa menggunakan jerami padi, sekam) yang banyaknya sekitar 50%. Sedangkan bahan mikro organisme 0,025% kalsit atau kapur 2%, kotoran sapi 45% dan abu sekam 10%.
  2. Membuat kompos yang berasal dari dari kotoran sapi merupakan suatu proses olahan hingga membentuk sebuah kompos blok, curah, bokhasi dan granula.
  3. Dalam pembuatan kompos itu sendiri, sediakan sebidang tempat yang beralaskan tanah yang dibagi menjadi 4 bagian sesuai dengan kriteria tanah tersebut.
  4. Ambillah kotoran sapi yang diambil dari kandang, tiriskan selama kurun waktu 1 minggu untuk mendapatkan asupan air agar mencapai lebih dari 60%. Setelah itu pindahkan kotoran sapi tersebut ke tempat lain untuk membuat kompos, berilah serbuk gergaji, sekam, jerami, kalsiat/kapur, abu dll sesuai dengan takarannya (dosisnya).
  5. Aduk semua bahan dasar yang sudah tercampur semua hingga rata. Pastikan semua bahan dasar sudah tercampur semua. Setelah satu minggu ditempat pertama, pindahkan ke tempat ke dua yakni dengan cara di aduk secara merata untuk menambah suplai oksigen, dari proses tahap ini di harapkan agar dapat terjadi peningkatan suhu hingga mencapai 70 derajat celcius, sebab hal ini bertujuan untuk mematikan pertumbuhan biji gulma. Sehingga pupuk kompos tersebut dapat terbebas dari biji gulma.

Demikan beberapa ulasan/penjelasan tentang bagaimana cara membuat kompos organik sederhana, semoga bermanfaat terutama bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana cara membuat kompos.

Related Posts to "Cara Membuat Kompos Organik Sederhana"

Response on "Cara Membuat Kompos Organik Sederhana"