Thursday, 24 July 2014

Mengatasi Tembok Retak

Berbagai tips dan juga cara mengatasi tembok retak mungkin akan dicari oleh sebagian anda yang sedang memiliki permasalahan retak pada dinding rumah. Retak pada dinding rumah tentunya akan sangat mengganggu penampilan dari dekorasi interior pada sebuah rumah, hal tersebut tentu saja dikarenakan beberapa faktor yang salah satunya adalah kelalaian ketika pembangunan rumah tersebut. Permasalahan tersebut memang merupakan sebuah kasus yang akan dengan mudah kita jumpai, karena walaupun kita sudah berusaha untuk megawasi pembangunan rumah tersebut namun tetap saja kelak permasalahan tersebut sangat rentan untuk terjadi.

Mengatasi Tembok Retak

Perlu Anda ketahui sebelum mengatasi tembok retak

Retakan pada tembok pun terbagi menjadi dua jenis, dimulai dari retakan yang seperti helai rambut serta retak struktur. Retak rambut adalah sebuah retakan kecil yang biasa kita jumpai dengan pola retak yang tidak beraturan, pola retak tersebut dinamakan retak rambut karena  ukuran celah yang ditimbulkan nya relatif sangat kecil. Hal tersebut dikarenakan kelalaian ketika melakukan plester pada tembok tersebut, seperti dari faktor pasir yang kotor karena masih terdapat kandungan tanah.

Selain itu, sudah melakukan pengacian pada pelsteran dinding tembok sebelum waktunya, karena minimalnya pengacian tersebut dapat dilakukan setelah proses plesteran menginjak waktu minimal dua minggu. Dan untuk mengatasi permasalahan tersebut, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi tembok retak yang memiliki bentuk kecil dan tipis seperti rambut. Hal pertama yang dapat dilakukan adalah memperbesar celah retakan kecil tersebut menggunakan kape, setelah itu bersihkan retakan tersebut hingga tidak ada sisa semen bekas plesteran yang telah dikeruk sebelumnya menggunakan kape.

Setelah bersih, tutuplah retakan tembok yang telah diperbesar tersebut dengan menggunakan plamur untuk tembok, lalu biarkanlah plamur tersebut mengering. Dan setelah plamur tersebut kering, haluskan permukaan nya dengan menggunakan ampelas hingga benar-benar rata dengan permukaan tembok yang tidak terdapat retakan. Setelah itu barulah lakukan pengecatan pada tembok yang telah di tambal tersebut.

Sedangkan retak struktur adalah sebuah retakan dengan pola retakan yang besar dan berbentuk bidang diagonal, namun ada juga yang pola retakan nya membentuk garis vertikal dengan terdapat celah pada bagian bawahnya yasng berukuran besar. Pola retakan yang berbentuk diagonal biasanya dikarenakan oleh pergeseran pada dinding yang di akibatkan oleh turun nya salah satu titik pondasi pada sebuah rumah, atau bahkan dikarenakan oleh bencana alam seperti gempa. Sedangkan untuk retakan yang berbentuk vertikal biasanya disebabkan oleh patahya tempat tumpuan dinding yaitu balok sloof.

Dan untuk mengatasi tembok retak tersebut dapat dilakukan dengan cara berikut ini

Petama-tama galilah lantai untuk mengetahui tingkat kerusakan yang di alami oleh balok sloof, dan jika memang terdapat kerusakan disana buatlah kembali balok untuk menyangga bagian yang patah hingga menjadi kokoh. Setelah perbaikan sloof tersebut selesai, maka tambalah retakan tersebut dengan menggunakan bonding agent. Dan setelah itu ratakan dengan menggunakan plamur lalu ampelas bagian tersebut sepeti cara menambal retakan pada retakan rambut, kemudian cat ulang pada dinding yang telah mengalami perbaikan tersebut.

Demikian di atas tadi adalah beberapa tips dan juga cara mengatasi tembok retak yang cepat dan juga mudah, semoga sedikit tips dan cara sederhana di atas tadi dapat membantu serta bermanfaat untuk anda semuanya.Incoming search terms:,cara ampuh mengatasi tembok retak,cara menghilangkan helai rambut pada tembok,mengatasi tembok retak diagonal,solusi untuk mengatasi balok sloof retak,tambal tembok retak

Related Posts to "Mengatasi Tembok Retak"

Response on "Mengatasi Tembok Retak"