Wednesday, 16 April 2014

Pencegahan dan Cara Cepat Mengatasi Flu pada Bayi

Mengatasi flu pada bayi yang terkena flu atau pilek, pasti akan dilakukan dengan berbagai cara agar sang buah hati segera sehat kembali seperti semula. Untuk sobat yang sudah mempunyai anak terutama yang masih balita, hal tersebut muncul dengan alasan yang wajar karena setiap orang tua pasti akan merasa cemas terhadap akibat yang lebih buruk dari penyakit yang diderita oleh anak. Lalu apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya? Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi flu pada bayi dan diantaranya akan dibahas dalam artikel kali ini.

Pencegahan dan Mengatasi Flu pada Bayi

mengatasi flu pada bayiPenyebab flu atau pilek pada bayi biasanya terjadi karena daya tahan tubuh sang bayi yang sedang menurun. Menurunnya daya tahan tubuh bisa diakibatkan oleh cuaca yang tidak menentu, terlalu cape, kurangnya istirahat, atau tertular langsung dari orang lain yang sedang menderita flu, sehingga virus flu tersebut bisa dengan mudah menular kapan saja. Maka untuk pencegahan dan mengatasi flu pada bayi, sobat cb bisa melakukan beberapa langkah berikut:

1. Hindarkan Bayi dari Kontak Langsung dengan Penderita Flu

Salah satu cara yang paling utama dalam pencegahan dan mengatasi flu pada bayi yaitu dengan menjauhkannya dari seseorang yang sedang menderita flu, kontak langsung dengan penderita flu sangat beresiko akan tertular. Karena virus flu menular melalui udara, maka sangat disarankan untuk menggunakan masker bagi seseorang yang sedang menderita flu, untuk mencegah penularan yang lebih mudah, terutama ketika dekat dengan bayi.

2. Jaga Kebersihan

Jaga kebersihan rumah dan disekitar tempat tidur bayi, selalu mencuci tangan sebelum menyentuh bayi, akan mengurangi resiok bayi terkena flu.

3. Cukup Asupan Gizi dan Perbanyak ASI

Asupan gizi yang cukup seperti buah-buahan, sayur, vitamin dan lain sebagainya akan mengatasi flu pada bayi dengan cepat, jika bayi belum diberi makan maka cukup dengan memperbanyak ASI dan tentu saja sang Ibu harus memperhatikan dan memberikan kualitas ASI yang terbaik.

4. Mencairkan Cairan Flu Kental (Ingus)

Uap hangat bisa membantu melegakan pernapasan bayi karena dengan uap hangat maka cairan flu yang kental (ingus) akan menjadi cair. Jika sobat tidak mempunyai alat kesehatan khusus untuk mencairkan cairan flu, maka sobat bisa mendekatkan sang bayi di air hangat yang sudah disediakan agar uap bisa terhirup dan melegakan jalannya pernapasan sang bayi atau jika perlu, simpan satu ember penuh air mendidih didekat tempat tidur bayi dan disaat bayi sudah tidur.

5. Membawa Ke Dokter

Jika lebih dari tiga hari kondisi bayi masih mengalami flu, maka segera periksakan ke dokter untuk mengatasi flu pada bayi yang berkepanjangan. Konsultasikan dengan dokter agar sobat bisa tahu akibat dari flu yang diderita oleh bayi, jika terdapat gejala yang lebih buruk pasti akan segera bisa diatasi dengan penanganan dokter.

Demikian beberapa pencegahan dan cara cepat mengatasi flu pada bayi yang bisa sobat lakukan ala cara bagus. Semoga cara mengatasi flu pada bayi ini bisa bermanfaat agar sang buah hati yang terkena flu segera sehat dan beraktivitas kembali

Related Posts to "Pencegahan dan Cara Cepat Mengatasi Flu pada Bayi"

Response on "Pencegahan dan Cara Cepat Mengatasi Flu pada Bayi"